Cinta Batik

      Sebenarnya saya sudah mengenal batik sejak kecil, karena Eyang Putri suka memakai kain Batik.Keinginan ingin lebih mengetahui batik itu muncul sekitar 10 tahun yang lalu, saat seorang teman saya cerita kalo kita punya batik lama terus dijual ke kolektor harganya mahal. Saya agak terheran juga , kenapa bisa mahal? Mendengar cerita kenapa menjadi mahal, membuat saya tambah penasaran dengan Batik terutama batik tulis.
          Awalnya saya ingin membuktikan apakah benar-benar batik tulis harganya bisa mencapai puluhan juta, saya mengikuti Facebook para penjual batik lawasan. Dan ternyata benar ,,, banyak batik tulis yang dijual hingga puluhan juta dan ada yang membelinya..Saya mencoba membeli 1 batik lawasan, setelah nego harga akhirnya dikirimlah batik lawasan pertama saya, yaitu batik 3 negeri yang booming dengan Batik Kopi Tutung. Saya perhatikan baik corak maupun warna, saya bandingkan dengan batik tulis modern saya punya sebelumnya, ternyata warna yang digunakan pada jaman dahulu adalah menggunakan pewarna alami bukan pewarna kimiawi. Pewarana alam untuk batik saat ini sangat sulit di dapatkan. Saya mulai belajar apa artinya Batik , berapa macam batik yang ada, proses pembuatannya. Bahkan saya pernah menghadiri kelas belajar batik Tulis,,Di samping harus memiliki jiwa seni  juga dituntut keuletan dalam membuat detail atau isen-isen batik tulis tersebut. Lalu semakin cintalah dengan batik.
           Hanya sebagai orang yang awam mengenai batik  lalu belajar memahami batik itu sendiri yang terkadang dimanfaatkan oleh penjual batik-Lawasan dengan mematok harga batik dengan harga yang terkadang tidak masuk diakal.Sedangkan pengerajin batiknya sendiri belum tentu menikmati uang dari hasil karyanya. Perlu adanya apresiasi yang sangat tinggi untuk pengrajin batik Tulis , sehingga nasib mereka dan motivasi untuk menbuat suatu batik tulis yang indah terpacu.
              Saya buat ulasan mengenai bebearapa motif batik, dan ada juga meluruskan pandangan mengenai motif batik, Kesimpulan saya mengenai batik, sebuah maha Karya yang perlu dilestarikan dan maha Indah..Pusat batik tulis klasik ada di Lasem dan Pusat batik dengan penuh inovasi adalah batik Pekalongan. Selamat hari batik Nasional. Ayo kita giatkan para penerus pengrajin batik tulis untuk mempertahankan warisan batik Indonesia terutama batik tulis.

Comments