Hari Batik Nasional

      Tanggal 2 October diperingati sebagai Hari batik nasional,...Saya melihat pada tanggal itu hampir semua menggunakan baju batik.. tapi... saya agak bingungkan apakah mereka tau batik yang seperti apa yang diakui oleh UNESCO?  Karena sepengetahuan saya, yang diakui oleh UNESCO adalah batik tulis...Apakah baju seragam sekolah yang notabene adalah tekstil dengan motif batik juga bisa kita katagorikan batik? Saya rasa tidak, karena itu bukan suatu karya melainkan copy paste dari motif-motif batik yang ada.. Beda dengan batik Tulis ... dimana kita bisa melihat keindahan dan ketekunan dari pengrajin batik... bahkan kita bisa berjam-jam dan berdecak kagum  melihat motif dari batik Hokokai, isen-isen yang njlimet dan rumit pada motif batik encim ..yang kalo liat gambar bunga dan kupu-kupunya terlihat hidup padahal hanya sebuah gambar pada selembar kain..
       Jujur saya sangat kagum melihat keuletan para pengrajin batik jaman dulu... mereka bisa membuat sebuah batik yang indah... Seiring dengan majunya teknologi  muncul batik cap .batik cap hanya bisa membuat motif besar-besar tapi batik cap ini masih bisa dibuat bagus dengan pemberian isen-isen dan detail yang bagus.
     Dengan berjalannya waktu , batik Indonesia memiliki sejarah tersendiri dengan kita melihat motif dan warna, seperti Batik Hokokai, dibuat pada jaman penjajahan Jepang di mana masa itu masa ekonoi sulit, sehingga pengrajin batik tulis bisa bertahun-tahun mengerjakan batik tersebut karena saat itu mereka dibayar perhari, kl mereka cepat menyelesaikannya maka belum tentu mereka bisa membuat batik dan tidak ada penghasilan.
 Melihat motif batik bisa mencerminka kapan dibuatnya batik tersebut, trend motif batik pada saat itu,,juga mencerminkan asal batik tersebut.. Seperti Batik rifaiyah dengan motifnya yang khas, kita bisa tau batik tersebut dari daerah Batang, jawa Tengah.
     




Comments